[TKJ] Sistem Operasi Jaringan : Pengertian, Fungsi, dan Layanan pada Server

Assalamualaikum.wr.wb



Pada pertemuan kali ini, saya akan memberikan materi pelajaran produktif TKJ yaitu Administrasi Sistem Jaringan tentang Sistem Operasi Jaringan. Pembahasan saya kali ini berfokus pada Pengertian, Fungsi dan Layanan pada Server.
Dikutip dari Wikipedia, Sistem Operasi Jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Yang artinya OS ini adalah OS yang dikhususkan untuk membangun sebuah server untuk melayani banyak pengguna seperti membangun FTP Server, Printer Share, DNS Service, HTTP Service dan lain sebagainya.
Sedangkan dikutip dari Modul Buku LKS Administrasi Sistem Jaringan merupakan sistem operasi komputer yang digunakan pada server dalam suatu jaringan dan berfungsi untuk mengelola konfigurasi jaringan serta mengatur sumber daya sistem pada komputer tersebut maupun komputer client-nya.

Karakteristik dari OS Jaringan adalah sebagai berikut :
1. Memiliki pusat kendali sumber daya jaringan.
2. Memiliki akses aman ke sebuah jaringan.
3. Mengizinkan remote user untuk dapat terkoneksi ke suatu jaringan.
4. Mengizinkan user untuk dapat terkoneksi ke jaringan lainnya semisal Internet.
5. Melakukan back-up data dan memastkan data tersebut tersedia untuk jangka waktu tertentu.

Tugas yang biasa diasosiasikan dengan penggunaan sistem operasi jaringan termasuk administrasi pengguna, pemantauan terhadap keamanan sumber daya yang ada di jaringan. Berdasar penggunaannya terdapat dua tipe sistem operasi jaringan yang berbentuk P2P (Peer to Peer) dan juga Client/Server. Adapun perbedaan antara kedua tipe jaringan tersebut antara lain :

1. P2P (Peer to Peer)
Pengguna bisa berbagi sumber daya maupun file tertentu yang berada pada komputer mereka disertai juga dengan akses kepada perangkat lainnya yang ada dalam jaringan yang telah terhubung.

2. Client/Server
Jaringan memiliki fungsi dan juga pengaplikasian suatu layanan pada satu atau beberapa server komputer.

Fungsi dari Sistem Operasi Jaringan bisa disebutkan sebagai berikut :
a. Menggunakan kemampuan server secara efisien.
b. Menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan.
c. Mengelola sumber daya jaringan.
d. Menyediakan layanan.
e. Menyediakan keamanan jaringan bagi banyak user.
f. Mudah menambahkan client dan sumber daya lainnya.
g. Memonitor status dan fungsi elemen-elemen jaringan.
h. Distribusi program dan pembaruan software ke client.
i. Menyediakan toleransi kesalahan.

Sistem Operasi berdasarkan interfacenya dibedakan menjadi dua, yaitu berbasis GUI (Graphical User Interface) dan CLI (Command Line Interface). Perbedaan diantara kedua OS ini terletak pada user interfacenya, pada GUI kita akan disuguhi dengan tampilan dalam bentuk grafis, tombol dan ikon dimana pengguna hanya cukup klik klik saja. Sedangkan untuk CLI kita diminta untuk mengetikkan perintah jika ingin melakukan sesuatu didalam OS kita.

Sistem Operasi berbasis GUI sebagai berikut :
a. Linux Ubuntu
b. Microsoft MS-NET
c. Microsoft LAN Manager
d. Novell NetWare
e. Semua Versi Windows

Debian 10 Menggunakan Desktop Environment GNOME
Dokumentasi Penulis
Windows 10 versi 1903
Dokumentasi Penulis


Sedangkan untuk Sistem Operasi berbasis CLI sebagai berikut :
a. Linux Debian
b. Arch Linux
c. Linux SUSE
d. Sun Solaris
e. FreeDOS
f. UNIX
g. MS-DOS

Arch Linux, menjalankan Neofetch
Dokumentasi Penulis

NOTE : Linux bisa memakai mode GUI jika menginstall Desktop Environment, yaitu sebuah graphical interface yang bisa diinstall pada Linux, contoh Desktop Environment pada Linux yaitu GNOME. MATE, Xfce, dan masih banyak lagi. Jadi, jika anda mau belajar Linux tapi masih ingin suasana ala OS Windows maka kalian harus install Desktop Environment.

Pada server, terdapat banyak layanan layanan yang bisa digunakan oleh client. Macam dan Fungsi dari layanan yang diberikan oleh server juga bervariasi.

a. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
DHCP adalah sebuah layanan yang memberikan alamat IP secara otomatis kepada komputer yang memintanya atau client. Keuntungan dari DHCP ini adalah komputer client tidak perlu lagi mengkonfigurasi IP Address secara manual.

b. DNS (Domain Name System)
DNS adalah sebuah server yang berfungsi menangani translasi penamaan host host kedalam IP Address, begitu juga sebaliknya dalam menangani translasi dari IP Address ke Hostname. Contohnya, lebih mudah mengetikkan alamat IP (178.105.92.33) di Browser atau mengetik domain (www.google.com) ?? Tentu saja lebih mudah mengetik serta mengingat nama domain dibandingkan mengetik IP.

c. Web Server
Web Server adalah sebuah sistem yang menyediakan wadah untuk halaman web agar dapat diakses oleh client. Yaitu ketika client mengirimkan permintaan HTTP maka web server akan meresepon dengan mengirimkan kode kode HTML yang akan ditampilkan oleh browser.

d. Database Server
Database adalah tempat dimana kita meletakkan file file data yang diperlukan oleh sebuah website ataupun aplikasi. Berhubung pada saat ini hampir seluruh website sudah berwujud dinamis yang pastinya membutuhkan database.

e. FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah Protokol untuk bertukar file melalui jaringan. FTP sering digunakan untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server.

f. File Server
File Server memberikan layanan berupa penyediaan file ataupun folder yang dapat doalses bersama sama oleh para pengguna dalam suatu jaringan.

g. Mail Server
Mail Server adalah sebuah aplikasi yang menerima email dari pengguna lokal dari domain yang sama maupun pengirim remote dari jaringan lain (Internet). Selain itu Mail Server juga mampu mem-forward email tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim. Pada Intinya Mail Server itu melayani para user dalam proses pengiriman dan penerimaan email seperti halnya Kantor POS.

Sepertinya sudah cukup Artikel tentang Sistem Operasi Jaringan ini, sebenarnya banyak yang saya masih bisa bahas pada Artikel ini tapi akan saya lanjut pada Artikel selanjutnya jadi Stay Tune saja!!

Sumber :
- Wikipedia ( https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_jaringan )
- DosenIT ( https://dosenit.com/jaringan-komputer/software-jaringan/sistem-operasi-jaringan )
- Rifkiferdian98 ( http://rifkiferdian98.blogspot.com/2017/01/macam-macam-layanan-pada-server.html )
- Modul LKS Adiministrasi Sistem Jaringan kelas XI
Wassalamualaikum.wr.wb

You Might Also Like

0 Komentar