Aplikasi yang Wajib Kamu Install di Windows 10!

Assalamualaikum.wr.wb



Halo kawan kawan, disini saya bakal ngasih rekomendasi aplikasi yang wajib diinstall di Windows 10.
Artikel ini cocok untuk kalian yang sehabis install ulang PC, karena sehabis install ulang pastinya kan ga ada aplikasi yang terinstall dong? Maka dari itu dengan saya menulis artikel ini semoga bisa bermanfaat buat kawan kawan semuanya.

Langsung saja daripada kelamaan!

1. Aplikasi Media Player

Media Player adalah aplikasi yang dikhususkan untuk memutar video, lagu, podcast dan lain lain yang berhubungan dengan multimedia/entertainment. Untuk memutar lagu saya rasa semua music player sama saja sih cuman beda fitur dan tampilan tetapi untuk film beda lagi. Film ada 2 codec yang saat ini banyak digunakan yaitu X264 dan X265, pembahasannya ada disini.

Singkatnya, X264 adalah codec video yang menghasilkan video yang ringan tetapi dengan size yang besar sebaliknya X264 adalah codec video yang menghasilkan video yang berat untuk sistem tetapi dengan size yang kecil, bisa hampir 40% lebih kecil dibanding X264. Ya kira kira begitu sih penjelasan yang singkat dan mudah dipahami.

Untuk itu dibutuhkan media player yang powerful untuk memutar berbagai jenis video (termasuk X265), dan yang saya sarankan adalah :

- MPC-HC dengan Codec Pack, bisa didownload disini

Lalu untuk music player saya rekomendasikan :
- MusicBee, desainnya simpel dan punya fitur yang menarik.
- AIMP, lumayan berat tetapi punya banyak pilihan skin/tema yang bisa didownload.
- Winamp, walaupun tua tapi ringan.

2. Aplikasi Office

Kalau OS nya Windows agak aneh rasanya kalau engga install Microsoft Office, sebenarnya banyak sekali alternatif Microsoft Office seperti WPS Office, Libre Office, Open Office, dan masih banyak lagi.

Untuk versi MS Office sudah sampai 2019, sesuaikan dengan spesifikasi komputer. Jika komputer lawas rekomendasi saya gunakan versi 2007 atau 2013 dan jika mempunyai komputer yang mumpuni gunakan versi 2016 keatas.

Saya memakai 2 versi MS Office yang berbeda dalam satu komputer, versi 2013 dan 2019.
Office 2013 saya gunakan untuk mengetik dokumen (Word dan Excel)
Office 2019 saya gunakan untuk membuat presentasi dengan memakai Powerpoint, karena jujur di Office 2016 keatas Powerpointnya sangat bagus untuk membuat presentasi.

3. Aplikasi Browser

Browser digunakan untuk berselancar di Internet dan di zaman sekarang sudah banyak sekali pilihan browser yang siap untuk digunakan sesuai preferensi masing masing.

Rekomendasi dari saya adalah :
- Google Chrome, memang memakan RAM sangat besar tetapi Chrome punya fitur yang menarik seperti Chrome Sync, Add-Ons, dan Translate yang menurut saya 3 fitur tersebut membantu saya sekali.

Memang ada Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Opera yang saat ini sedang naik daun tetapi entah kenapa saya lebih nyaman pake Google Chrome hehe. Kembali lagi pada selera masing masing.

4. Aplikasi Antivirus

Siapa yang ga tau Antivirus? Aplikasi yang berguna untuk memproteksi dari serangan virus, malware, trojan dan lainnya. Tapi kabar gembira untuk anda pengguna Windows 10, Windows 10 mempunyai Antivirus Windows Defender yang sepengalaman saya adalah Antivirus bawaan paling powerful. 3 Tahun saya memakai Windows 10 hanya dibentengi oleh Windows Defender dan alhamdulillah setiap kali ada virus masuk selalu dihapus oleh Windows Defender.

Tetapi, Windows Defender sering sekali memakan RAM dan Disk Usage sangat besar yang membuat sistem menjadi lambat. Maka dari itu saya berpindah ke ESET, dan saya rekomendasikan anda :

- ESET Internet Security, baru kali ini saya memakai Antivirus pihak ketiga yang powerful. ESET mempunyai fitur yang banyak sekali, tapi ada satu fitur yang saya sangat suka yaitu Internet Security. Dia bisa memblokir akses terhadap situs yang berbahaya, bisa dikarenakan mengandung virus, trojan atau berisi hal hal yang tidak sepantasnya dilihat.
Walaupun begitu, ESET ini tidak memakan resource laptop saya terlalu banyak. Untuk urusan ngegame pun masih wenak, tidak seperti Windows Defender yang bikin ngegame ngelag.
Oh iya, fun fact bahwa kalian bisa pake ESET full version tanpa pake crack, kalian hanya perlu cari Serial Number nya saja di Internet dan Serial Number tersebut juga berbeda beda masa aktifnya, punya saya sendiri punya masa aktif 6 bulan. Ya lumayan sih karena gratisan :v

NOTE: Kalau ada SMADAV di PC anda, langsung uninstall saja karena bikin booting Windows lama dan berat lalu ganti dengan Antivirus lainnya yang lebih approved oleh banyak orang.

5. Aplikasi Sampingan .........

Karena saya ga tau harus dimasukkin ke kategori mana aplikasi yang ada dibawah maka dari itu saya taruh sini aja hehehe :v

- Photoshop, kita pasti butuh aplikasi edit foto masa iya kita pake Paint untuk ngedit foto kan lucu. Versi Photoshop ada 2 yaitu CS dan CC, bedanya yang CS lebih ramah untuk spek pas pasan dan kalau yang CC butuh spek yang tinggi agar bisa lancar. Tinggal sesuaikan dengan spek komputer kamu.

- Internet Download Manager, aplikasi downloader ini udah banyak dikenal oleh banyak orang dan pasti udah engga asing sama kegunaan IDM.

- Notepad++, perbedaan dari Notepad biasa sama Notepad++ adalah dari fungsi, fitur, dan tampilan. Di Notepad++ kalian bisa ngecoding dan sudah bisa ngedeteksi bahasa pemrograman yang sedang ditulis, tampilan lebih eye-catching, 1 notepad bisa membuka banyak file karena adanya window/tab, dan masih banyak lagi.

- 4K Video Downloader, untuk kalian yang sering download lagu atau video dari Youtube pasti butuh aplikasi ini karena sangat mempermudah sekali dalam download lagu dan video. Terlebih lagi ketika situs situs seperti savefrom, onlinevideoconverter, clipconverter sudah tidak bisa mendownload video yang terdapat lagu berhak cipta. Dengan adanya 4K Video Downloader kalian bisa download semua video di Youtube tanpa ribet, dan juga aplikasi ini sering diupdate oleh developer yang membuat semakin banyak fitur yang ada di aplikasi ini.

- Mem Reduct, aplikasi ini sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Singkatnya, kegunaan aplikasi ini untuk melegakan kapasitas RAM yang penuh. Sangat berguna ketika kalian mau ngegame tetapi RAM kalian penuh tanpa tahu sebabnya.

- WinUpdateStop, aplikasi yang dibuat oleh NoVirusThanks adalah aplikasi yang berguna untuk menghentikan proses update Windows 10 tanpa ribet. Hanya perlu satu klik dan update pun sudah tak ada di Windows 10.

- CCleaner, aplikasi ini berfungsi untuk menghapus cache aplikasi, scan file besar, menghapus registri yang tidak penting, membuat system restore, dan lain lain. Alasan saya merekomendasikan Ccleaner adalah karena sering di update oleh developer dan gratis.

- WinRAR, berfungsi untuk mengekstrak file yang di kompres menggunakan format .RAR, .ZIP, .TAR, .CAB, dan masih banyak lagi. Sebenarnya ada alternatif WinRAR yaitu 7zip yang tersedia gratis, tetapi saya lebih merekomendasikan WinRAR karena lebih kaya fitur.

- DirectX 9, terkadang beberapa game lawas banyak yang tidak bisa jalan karena kurangnya DirectX 9 dalam sistem. Windows 10 sebenarnya sudah menyisipkan fitur DirectX 9 hanya saja perlu kita aktifkan agar game bisa berjalan dengan normal. Tetapi saya rekomendasikan agar kalian mendownload DirectX 9 saja.

-Visual C++, sama seperti DirectX, Visual C++ juga tidak bisa dilepaskan ketika hendak memainkan sebuah game karena kedua komponen tersebut berperan penting dalam menjalankan sebuah game.

Ya kira kira sih seperti itu intinya, kalau ada yang ingin ditanyakan tinggal komen saja.
Saya pamit undur diri.

Wassalamualaikum.wr.wb

You Might Also Like

0 Komentar