.NET Runtime Optimisation Service memakan CPU Tinggi

Assalamualaikum.wr.wb

Yo teman teman :D
Kali ini ane akan ngasih tips biar .NET Runtime Optimisation Service gak makan CPU tinggi alias hilang.
Bermula saat ane buka browser Chrome kok bisa lama banget? Pas cek di Task Manager eh ada .NET Runtime Optimisation Service makan CPU tinggi banget -_- sekitar 80% lebih, ane langsung deh cari caranya di Internet dan itu kebanyakan orang yang make Windows Server.
Eh ane liat disalah satu forum ada yang tanya tuh masalah yang sama dan ada yang jawab dengan simpel, ane praktekin dan waaah :D bisa.
Okay ane bakal ngasih dua tips, dan itu cukup simpel:
- Cabut cas Laptop -
Jika teman teman menggunakan Laptop mungkin tips ini simpel, yaitu cabut cas laptop, restart lalu jika sudah boot 100% ke Desktop bisa colok cas lagi :D kenapa? Menurut ane, kalian pernah gak denger kalo main game pake cas bisa membantu performa suatu game? Nah ini sama, Laptop punya baterai sedangkan kalo cas dicabut Laptop akan otomatis membuat baterai tidak akan boros dengan cara mengurangi performa si Laptop itu sendiri, beda lagi kalo si Laptop dicas pasti baterainya udah "Ahh bodoamat sama irit, wong dicas kok" begitulah teori ane. Sebetulnya ini agak nyambung sama post Antimalware Service Executable memakan CPU tinggi yang dimana ada bagian yang ane suruh uncheck pilihan "Start the task only if the computers is on AC Power".
- Registry -
Untuk cara ini aplikasi yang dibutuhkan hanya CCleaner.
1. Buka CCleaner lalu buka tab "Registry" dan klik "Scan for Issues"
2. Lalu jika ada banyak "Missing Shared .dll" pilih satu satu sampai "Missing Shared .dll" terpilih semua


3. Klik "Fix Selected Issues" lalu jika ada prompt disuruh Backup Registry oke saja lalu akan ada windows lagi klik "Fix Selected Issues" lagi.
4. Tinggal restart Laptop/PC dan coba cek Task Manager :D


NB.1 : Tidak semua Laptop/PC bisa berhasil dengan cara ini, karena bisa dibilang ini sedang precompiling .NET di background dan akan selesai sekitar 10 menit. Tapi kalo udah lama ya sebel juga kan hehehe (What is .NET Runtime Optimization Service and why does this process)


NB.2 : Buat user Laptop setelah melakukan restart tapi programnya masih jalan bisa cabut cas lalu restart :D
OKE, kayaknya cuma begitu sih :D oh iya kalau masih bermasalah kalian bisa tanya tanya di Forum (Forum tentang komputer ya, ntar malah tanya ke Forum Kendaraan)

Wassalamualaikum.wr.wb

You Might Also Like

0 Komentar